Aturan Menara Bersama Mungkinkan IMB Tanpa Batas Waktu

JAKARTA – Peraturan Bersama (PB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, telah ditandatangani beberapa waktu lalu menyatakan, pembangunan menara wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

IMB diterbitkan paling lambat 14 hari kerja terhitung sejak dokumen administrasi dan/atau dokumen rencana teknis disetujui. IMB berlaku tanpa batas waktu sepanjang tidak ada perubahan konstruksi menara.

“Dengan adanya PB empat instansi tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi diharapkan masalah sengketa pembangunan dan keberadaan menara bersama yang terjadi dapat terselesaikan,” ujar anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi dalam keterangannya, Selasa (20/4/2009).

Selanjutnya Heru menyatakan, PB ini juga menjadi acuan terjadinya kembali perbedaan pandangan masalah menara antara operator telekomunikasi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Selain itu, aturan menara bersama tersebut juga menegaskan bahwa Menara disediakan oleh penyedia menara. Penyedia menara merupakan penyelenggara telekomunikasi (operator) atau bukan penyelenggara telekomunikasi.

“Penyedia menara yang bukan operator atau penyedia jasa konstruksi untuk membangun menara merupakan perusahaan nasional,” katanya.

Perusahaan nasional adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum atau tidak berbadan hukum yang seluruh modalnya adalah modal dalam negeri dan berkedudukan di Indonesia. Tak hanya itu, operator diwajibkan menempatkan antena telekomunikasi di atas bangunan dengan ketinggian hingga 6 meter, sedangkan yang melekat pada bangunan lainnya seperti papan reklame, tiang lampu penerangan jalan dan sebagainya, tidak memerlukan izin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: