Mahasiswa Ciptakan Robot Petani

CAMBRIDGE – Sekelompok mahasiswa asal Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, Amerika Serikat berhasil menciptakan sebuah robot yang berguna bagi pertanian.

Robot yang belum diberi nama itu dapat melakukan pekerjaan dalam berkebun layaknya seorang petani, seperti menyiram air, memanen, dan merencanakan serta memprediksi waktu penyebaran benih tomat. Demikian yang dilansir Yahoo News, Selasa (14/4/2009).

Kecanggihan lain dari robot adalah, mampu mendeteksi buah yang sudah matang, yang kemudian dipetiknya menggunakan alat khusus yang dirancang di tangannya.

Menurut pembimbing Lab Robot di MIT Daniela Rus, para mahasiswanya tersebut telah bekerja sejak mereka masuk kuliah. Pada awal semester misalnya, mereka diajarkan dasar-dasar dalam membuat robot. Setelah itu, melakukan studi tentang apa yang dibutuhkan manusia terhadap pekerjaan robot.

Huan Liu, 21 tahun, mengatakan kalau awalnya tim ini kesulitan dalam menentukan desain yang dapat mengetahui buah tomat sudah matang atau belum. Pasalnya, tingkat kematangan tiap-tiap buah berbeda. Namun, tim ini akhirnya memasang kamera untuk memantau perkembangan buah itu.

“Robot temuan kami ini diharapkan mampu memikat banyak orang. Dan bisa membantu di lingkungan peternakan dan perkebunan,” tegas Huan Liu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: