Hati-hati! Blackberry ‘Siluman’ Beredar

JAKARTA – Maraknya penggunaan Blackberry di Indonesia ternyata malah memunculkan seri ilegalnya. Bukan lagi Black ‘market’ Berry tetapi Blackberry Refurbished atau daur ulang.

Dilansir melalui forum khusus pecinta Blackberry, Jumat (24/42008), ditengarai telah beredar Blackberry ‘siluman’. Menurut pemaparan salah satu anggota tersebut, istilah ‘siluman’ digunakan untuk Blackberry refurbished karena ketika casing perangkat ini dibuka maka di dalamnya terdapat jejak tambal sulam, atau terlihat bekas service.

Parahnya lagi, sang penjual tidak berani mengakui jika barang ini adalah Blackberry rusak yang telah diperbaiki untuk kemudian dijual dan diklaim sebagai barang baru. Secara otomatis, harga yang dibandrol pun cukup mahal, hampir sama dengan harga Blackberry baru.

“Blackberry tersebut sebenarnya rusak. Namun diservis kembali untuk kemudian dijual dengan harga sama dengan yang baru. Pelanggan akan semakin percaya karena si penjual memberikan iming-iming garansi selama setahun,” tulis admin forum Blackberry Indonesia tersebut.

Menurut dia, Blackberry ‘siluman’ tersebut telah beredar cukup luas. Bahkan tidak hanya dijual di Jakarta, tapi juga di Surabaya, Bandung dan Cirebon. Kebanyakan mereka beroperasi di toko-toko sentra penjualan ponsel ternama di kota-kota tersebut.

“Pelanggan harus berhati-hati karena Blackberry ‘siluman’ tidak bisa memunculkan menu Blackberry Messenger. Bahkan jika di-upgrade maka Blackberry ‘siluman’ tersebut akan langsung mati total,” papar sang admin.

Oleh karena itu, sang admin meminta kepada para pecinta Blackberry untuk tidak mudah tertarik pada harga murah, apalagi dengan membeli barang refurbished yang jelas-jelas bukan barang baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: