Ilmuwan Temukan Ganggang “Menari”

LONDON – Ganggang air tawar senang membentuk kelompok. Ajaibnya, jika dianalisa mereka bergerak membentuk tarian indah ketika saling mengitari sesama komunitasnya. Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti dari Cambridge University.

Seperti yang dilansir oleh Times of India, Kamis (23/4/2009), ilmuwan telah mempelajari organisme multiseluler pada ganggang yang bernama Volvox. Organisme ini berisi sekira 1.000 sel yang tersusun pada permukaan matrik berbentuk bola berdiameter setengah milimeter.

Setiap sel pada permukaan memiliki dua helai rambut� yang dikenal sebagai flagella. Rambut inilah yang menghantam koloni dalam air secara serempak sehingga membuat ganggang dapat berputar mengitari poros tertentu dan terlihat seperti gerak tari yang indah.

Peneliti mengelompokkan ganggang berdasarkan bentuk gerak tari yang dihasikannya. Kelompok ganggang pertama dinamakan “waltz”, dimana dua orbit koloni ganggang saling mengitari satu sama lain bagaikan planet mengelilingi matahari.

Kelompok lainnya disebut dengan “minuet”, kelompok ganggang ini berayun-ayun seperti karet elsatis.

Para ilmuwan kemudian mengembangkan analisa matematika untuk merepresentasikan pola tarian ini. Observasi ini merupakan visualisasi pertama yang memperlihatkan gerakan ganggang secara langsung dan diperkirakan akan menarik perhatian banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: