Lima Tanda Ketergantungan Facebook

CAROLINA – Seiring dengan terus bertambahnya jumlah anggota Facebook, membuat keberadaan situs jejaring sosial ini semakin menarik perhatian khalayak untuk mengaksesnya.

Saking asyiknya, seseorang bisa saja terlena ketika berlama-lama mengakses Facebook. Salah satu anggota Facebook mengaku dia tidak bisa melewatkan hari tanpa mengakses situs tersebut. Hati-hati, ini bisa jadi gejala ketergantungan Facebook.

Paula Pile, ahli terapi dari Greensboro, Carolina Utara, bersama timnya menganalisa tanda-tanda ketergantungan Facebook. Menurut Pile, baik Facebook maupun para anggotanya bukan suatu masalah. Namun, jika kegiatan mengakses Facebook bisa membuat seseorang lupa diri, hal ini harus diperhatikan secara serius. Demikian yang dilansir dari CNN, Jumat (24/4/2009).

Meski tidak ada data statistik yang menyebutkan jumlah pasti para maniak Facebook, namun para ahli terapi mengkhwatirkan ketergantungan terhadap Facebook dan juga situs jejaring sosial lainnya bisa menyebabkan seseorang mengalami disfungsi sosial, dimana dia tidak lagi mempedulikan hal lain di sekitarnya kecuali Facebook.

Riset yang dilakukan PIile pada akhirnya mengungkapkan lima tanda ketergantungan Facebook yang patut diwaspadai. Seseorang dikategorikan ketergantungan Facebook jika:

1. Tidur larut malam akibat asyik mengakses Facebook
2. Mengaksesnya lebih dari dua jam
3. Terobsesi menemukan kawan lama melalui Facebook
4. Mengabaikan pekerjaan demi berlama-lama mengakses Facebook
5. Merasa tak bisa hidup tanpa Facebook

Untuk mengujinya, Pile menyarankan Anda melakukan tes kecil, “Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus,” tandasnya.

1 Komentar »

  1. Hohohohoho termasuk ga yawh…..?????

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: