Microsoft Mulai Goyah?

SEATLLE – Tahun 2009 ini nampaknya menjadi tahun yang suram bagi raksasa penyedia peranti lunak Microsoft. Pernyataan ini bukan tanpa sebab, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan tersebut mengalami penurunan keuntungan.

Dalam kurun 23 tahun kehadiran perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu, Microsoft harus kehilangan keuntungan hingga 32 persen. Tentu saja, ini menjadi pelengkap bagi Microsoft, karena sebelumnya perusahaan ini sudah memangkas besar-besaran karyawannya hingga 5 ribu orang, pada Januari lalu.

“Saya tidak melihat peningkatan hingga akhir kuartal ini. Ini tidak bisa dibiarkan, kami harus keluar dari masalah ini,” kata Chris Liddell, Direktur Keuangan Microsoft, seperti yang dikutip Yahoo News, Jumat (24/4/2009).

Diungkapkan, pada akhir kuartal ketiga atau 31 Maret lalu, Microsoft sudah mengantungi keuntungan USD2,98 miliar. Padahal, di kuartal yang sama setahun lalu, Microsoft berhasil mengemas USD4,39 miliar. Untuk perusahaan sekelas Microsoft dengan keuntungan sebanyak itu, tentu menjadi masalah.

Sebagai gambaran, di Januari saja saat Microsoft memangkas karyawan, perusahaan publik itu mengumpulkan keuntungan USD290 juta. Hilang hampir 40 persen, pada bulan yang sama di 2008 yang sukses merengkuh USD420 juta.

Kini, bagi Microsoft menjadi pekerjaan rumah yang berat agar keluar dari masalah pelik ini. Jika memang tidak ingin, melakukan PHK besar-besaran sepanjang sejarah itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: