Mengapa Wanita Suka Warna Pink?

LONDON – Rata-rata wanita menyukai berbagai benda berwarna pink. Warna ini pun memang kerap didentikkan dengan warna feminim. Contohnya para orangtua biasanya membeli segala perlengkapan berwarna pink jika bayi mereka perempuan, sebaliknya jika laki-laki biasanya akan dibelikan benda-benda berwarna biru.

Rupanya ada jawaban ilmiah mengenai hal ini. Dr Anya Hulbert dari University of Newcastle mengatakan jika wanita diberikan beragam pilihan warna, secara alamiah mereka akan lebih memilih warna-warna yang lebih mendekati warna merah.

Bakat alami ini membuat wanita memiliki kemampuan memilih buah-buahan matang lebih baik dibandingkan pria, demikian keterangan yang dikutip dari BBC, Rabu (13/5/2009).

Dalam studinya, Hulbert melibatkan 200 pria dan wanita berusia 20an tahun, dan meminta mereka memilih beragam warna yang ditampilkan pada layar komputer.

Dari hasil studi ini ditemukan bahwa mayoritas wanita sangat suka dengan paduan warna biru dan merah, serta kurang menyukai warna hijau dan kuning. Para wanita itu berasal dari dua jenis ras yang berbeda, yaitu Inggris dan China. Namun rupanya, selera warna sama sekali tidak dipengaruhi budaya etnis, melainkan karena faktor biologi.

“Evolusi mengakibatkan wanita menyukai warna kemerahan. Rata-rata mereka cenderung memilih buah dan benda-benda berwarna kemerahan. Kebiasaan ini juga nampaknya dipengaruhi oleh faktor budaya,” kata Hulbert.

“Bisa jadi ini akibat peran kaum perempuan sejak dulu yang sering memilih bahan pangan untuk keluarga. Kebiasaan turun temurun untuk mencari buah matang yang identik dengan warna merah, menyebabkan sampai saat ini ?anak cucu? Hawa itu meyukai warna merah atau kemerahan,” tambahnya.

Sementara itu, hasil berbeda ditemukan pada kelompok pria. Mereka cenderung menyukai warna biru sebab memang tugas mereka sejak lama adalah mencari sumber air bagi keluarga atau sukunya. Warna biru identik dengan sumber air yang baik, bisa dikonsumsi.

“Mereka juga menganggap bahwa langit biru cerah adalah pertanda cuaca yang bagus untuk berburu. “tandas Hulbert.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: